Destinasi Tahura Rekomendasi Liburan Keluarga -->

Destinasi Tahura Rekomendasi Liburan Keluarga

Selasa, 31 Mei 2022, 17:23

OPINI, Sulselpos.id - Liburan mungkin kadang jadi pilihan di sela-sela kesibukan untuk melepas penat, bahkan berlibur sudah menjadi rutinitas di setiap pekannya untuk mendapatkan kembali ketenangan sebelum melakukan aktivitas rutin seperti biasanya. Banyak orang memilih mengisi waktu libur dengan berkunjung ke tempat - tempat wisata diluar kota.

Indonesia, negara indah dengan berbagai pilihan wisata menarik, dari gunung, hutan, laut dan masih banyak lagi. Dari tempat wisata yang lahir dari alam yang dikelola hingga makin indah dan terawat, sampai lokasi wisata yang sengaja di bangun oleh manusia. 

Salah satu contoh wisata alam yang dikelola hingga terawat dan rekomendasi untuk mengisi waktu libur bersama orang - orang tercinta adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Abdul Latif, yang berada di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi Tahura ini lebih tepat berada di Desa Batu Balerang, Kecamatan Sinjai Borong. Taman ini terkenal dengan pohonnya yang sangat  lebat, panorama alam yang cantik, taman bunga yang selalu menyejukkan mata, air terjun, danau, agro wisata, hingga bukit yang hijau. Serta tatkala pentingnya udara di tempat ini sangat sejuk dan  banyak  di sukai bebagai kalangan yang datang untuk  berkunjung ke lokasi ini disetiap harinya.

Tempat ini juga dijadikan kebanyakan orang sebagai tempat camping, tidak hanya terfokus pada dimalam minggu, akan tetapi di malam yang lain juga. Selain itu banyak kalangan remaja yang senang merealisasikan program kerja organisasi di lokasi Tahura ini. Hal yang paling ditunggu saat camping di Tahura Abd Latief Sinjai ini adalah momen memburu matahari terbit dari atas bukit,  serta bisa menyaksikan keindahan Kabupaten Sinjai dengan gemerlap lampu penduduk dimalam hari. 

Tidak hanya diminati oleh kalangan remaja, bahkan kalangan dewasa hingga orang tua, juga banyak yang tertarik menghabiskan sepanjang waktu libur di lokasi ini. Apalagi lokasinya mudah di jangkau, pemandangan yang sangat indah, tarif sesuai isi dompet, dan fasilitas - fasilitas yang termasuk lengkap. 

Fasilitas yang dimaksud adalah tersedia sumber air bersih, tersedia wc umum untuk membuang hajat, tersedia mushollah untuk menunaikan ibadah, gazebo untuk beristirahat, penginapan untuk orang - orang yang ingin menginap, namun tidak membawa peralatan camping, spot foto indah dan menarik. Dengan tarif 5000 rupiah per-orangnya, kita bisa merasakan fasilitas dan merasakan kenyamanan di taman ini. 

Selain pemandangan alam yang eksotik, Tahura juga di beri julukan negeri di atas awan, bagaimana tidak ? untuk mencapai ke lokasi, kadang harus menembus kabut yang menutup sebagian besar sisi jalan, menyaksikan keindahan Kabupaten Sinjai, yang kerap berselimut, bahkan kadang muncul pelangi yang menjadi nilai plus dari keindahan wisata yang satu ini. 

Pemukiman warga sepanjang jalan masih terjaga populasinya, lokasinya masih sangat asri. Tahura yang berada di titik koordinat S 5 °18’40.8744” E 120°0’33.12128”. Hutan seluas 720,15 Ha, dengan ketinggian sekitar 1385.0 mdpl yang berada diantara dua lereng gunung yaitu Lompobottang dan Bawakaraeng, membuat udara terasa alami dan segar. 

Selain itu, Tahura ini merupakan kawasan hutan lindung, pusat penelitian dan pengembangan aneka ragam hayati di Provinsi Sulawesi Selatan. Jika ingin berlibur, ingin menghilangkan penat, dan ingin mempererat keharmonisan keluarga, Tahura mungkin bisa menjadi pilihan yang pas.

Penulis : Muslimin
(Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAIM Sinjai)

*Tulisan tanggungjawab penuh penulis

TerPopuler