Opu Acci Pemuda Asal Sulsel Resmi Dilantik Jadi Duta Maritim Indonesia


MAKASSAR, Sulselpos.id - Assosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) menggelar Lomba Duta Maritim Indonesia (DMI) dan Karantina Sekolah Duta Maritim (SDM) yang dimulai sejak tanggal 21-27 Februari 2022.

Setelah melakukan seleksi ketat selama 3 bulan yang dimulai dari pendaftaran, syarat fisik, wawancara serta webinar. Dari hampir ratusan pendaftar seluruh Indonesia akhirnya terpilih dengan ketat sebanyak 24 orang Finalis Duta Maritim Indonesia Tahun 2022.

Salah satu Peserta Event tersebut adalah Asrianto Masfuddin atau yang akrab disapa Opu Acci merupakan alumni dari Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Hasanuddin Makassar, lolos sebagai finalis Duta Maritim Indonesia Tahun 2022. 

Asrianto yang secara resmi mengikuti pendidikan, pelantikan dan rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia yang bertempat Discovery Hotel Ancol, Jakarta.

Opu Acci menuturkan bahwa sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bisa sampai pada tahap ini serta ucapan terimakasih kepada Aspeksindo karena telah menggelar event seperti ini.

"Saya berterimakasih banyak kepada Aspeksindo telah mengadakan event ini. Dimana bertujuan sebagai wadah untuk pemuda-pemudi Indonesia agar dapat mengenal lebih jauh tentang kemaritiman Indonesia. Selain itu, lewat event ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi pemuda zaman sekarang," ungkapnya, Jumat (25/02/22).

Lebih lanjut, Opu Acci juga berharap agar Departement Kimia Unhas terus melahirkan generasi-generasi yang expert di lembaga apapun melalui kampus Maritim Indonesia Timur atau di Universitas Hasanuddin itu sendiri. 

"Ucapan terimakasih juga kepada seluruh akademisi Unhas terkhusus Departement Kimia Universitas Hasanuddin Makassar yang selalu hadir untuk mensupport perjalanan karis saya," tutupnya. 

Diketahui, kegiatan ini bersamaan dengan Pelantikan Aspeksindo dan Rapat Kerja Nasional yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin yang hadir melalui via online.

Sedangkan Dewan Pakar Aspeksindo/ Ketua Dewan Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, Ketua Dewan Penasehat Aspeksindo/Gubernur Kalimantan Utara Brigjen. Pol. (Purn.) Drs. Zainal Arifin Paliwang, Dr. H. Andi Harun, Ketua Umum Aspeksindo serta Dr. Andi Fajar Asti, Direktur Eksekutif Aspeksindo, serta 60 Kepala Daerah se-Indonesia turut hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

Penulis : Hijriana
Editor : Haeril

0 Komentar