Dekan FKM UMI Lakukan Pengabdian Olahan Bayam Menjadi Gizi Tinggi -->

Dekan FKM UMI Lakukan Pengabdian Olahan Bayam Menjadi Gizi Tinggi

Senin, 03 Januari 2022, 14:55

MAROS, Sulselpos.id - Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melakukan Pengabdian Masyarakat pada olahan bayam menjadi bergizi tinggi kaya serat dan anti anemia.

Dimana ini sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarkat yang dilakukan oleh Dekan FKM UMI Dr. Suharni A. Fachrin bersama Ahli Gizi Dr. A. Nurlinda di Desa Pucak, Kabupaten Maros, Selasa (14/09/21).

Menurut Dr. Suharni kandungan gizi yang dimiliki bayam sangat kaya antara lain fitonutrisi dan mineral lain dalam jumlah yang cukup seperti magnesium, kalsium, fosfor, protein, serat, karbohidrat, dan vitamin.  

"Bayam mengandung senyawa kalium dan nitin yang bermanfaat bagi manusia. Bayam bermanfaat untuk menguatkan jantung, mencegah tekanan darah rendah dan xeropthalmia, mengurangi resiko kanker usus serta memperkuat akar rambut sehingga menjadi tumbuh lebat. Kandungan vitamin pada bayam juga  berfungsi sebagai antioksidan," ungkapnya.

Sementara itu, Menurut Dr. A. Nurlinda bahwa Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang jika dibuat campuran pada produk mie diduga dapat meningkatkan kadar serat, karena diketahui bahwa 
kadar serat yang tinggi terkandung pada sayuran.

"Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang banyak tumbuh di Indonesia sehingga sangat mudah diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau, namun demikian bayam  memiliki kelemahan yaitu jika telah melalui proses pengolahan maka tidak dapat  bertahan," jelasnya.

Haeril

TerPopuler