Puslitbang Polri Gelar Supervisi dan Penelitian di Polres Gowa


GOWA, Sulselpos.id - Pusat penelitian dan pengembangan Polri melakukan supervisi dan penilitian evaluasi penggelaran Aplikasi di Lingkungan Polri dalam rangka menerapkan teknologi informasi era Police 4,0 di Polres Gowa, Senin (20/09/21).

Kedatangan Tim yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin Mohammad  dan AKBP Haryono  dibantu oleh konsultan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dipl-Ing Meidy Layooari serta Konsultan dari Div TIK Polri Iptu Sugiarto, yang diterima langsung oleh Wakapolres Gowa, Kompol Soma Miharja.

Kegiatan penelitian tentang “Evaluasi Penggelaran Aplikasi di Lingkungan Polri Dalam Rangka Menerapkan Teknologi Informasi Era Police 4.0 “, dilakukan di tujuh Polda dan salah satunya di Polda Sulawesi Selatan dan Polres jajaran.

Kegiatan tersebut turut dihadiri pejabat utama Polres Gowa dan tiga orang personil dari masing masing satuan kerja menjadi responden.

Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ditujukan untuk mewujudkan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

Pada era Kapolri saat ini hal tersebut selaras dengan 16 Program Prioritas Kapolri, Program Prioritas Kapolri terkait Teknologi Kepolisian adalah program empat yaitu Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0.

Bersamaan kegiatan penelitian ini juga dilaksanakan Supervisi Penelitian oleh Sespuslitbang Polri F.X. Surya Kumara dan AKBP Katrina J. Ratu dengan tujuan untuk melakukan analisa dan evaluasi seputar pelaksanaan penelitian yang berlangsung di Polda Sulawesi Selatan dan Polres jajaran.

Ketua Tim penelitian, Kombes Pol Saefuddin Mohammad, mengakhiri sambutan terkait kunjungan kerja menyampaikan harapan agar pasca dilakukan penelitian data selanjutnya di jadikan sebagai bahan evaluasi.

"Diharapkan pasca dilakukannya penelitian di 7 Polda dan Polres jajaran, datanya akan dikumpulir untuk selanjutnya dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk segera ditindak lanjuti dengan harapan aplikasi ini dapat terintegrasi dengan Mabes Polri hingga satuan terkecil," pungkasnya.

Diketahui beberapa tujuan dilakukan penelitian ini adalah  :

1. Untuk mengetahui standar yang digunakan dalam pembangunan aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri

2. Mengetahui apakah aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri sudah ditempatkan secara terpusat pada infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (pada data center) Polri.

3. Mengetahui apakah aplikasi kepolisian untuk mendukung layanan eksternal dan internal Polri sudah menyatu dan terintegrasi antar fungsi

4. Mengetahui apakah data dari aplikasi yang tergelar dapat dikumpulkan , diolah, dan disajikan untuk mendukung pengambilan keputusan Pimpinan Polri , dan 

5. Mengetahui bagaimana tata kelola keamanan data dan informasi dari aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri saat ini.

Frengki

0 Komentar