Fotonya Bersama Ketua KPU Bertemu Bupati Disorot, Ketua Bawaslu Sinjai Bilang Begini -->

Fotonya Bersama Ketua KPU Bertemu Bupati Disorot, Ketua Bawaslu Sinjai Bilang Begini

Senin, 23 Agustus 2021, 22:20
Keterangan foto: Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Rusmin saat bertemu Bupati Sinjai beberapa waktu lalu
SINJAI, Sulselpos.id - Ketua Bawaslu Kabupaten Sinjai, Muhammad Rusmin menanggapi adanya foto yang beredar saat dirinya berada di Rumah Jabatan Bupati Sinjai beberapa waktu lalu. Senin, (23/8/2021).

Pertemuan bersama Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa Rabu (18/08/2021) malam lalu di pendopo Rujab bupati menjadi perbincangan.
Inilah foto pertemuan Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Sinjai bersama Bupati yang menuai sorotan.

Selain Ketua Bawaslu, terlihat juga Ketua KPU Sinjai, fotonya terpampang di salah satu pemberitaan media online.

Muhammad Rusmin mengatakan tidak ada yang mesti ditanggapi terkait pertemuan tersebut.

"Tidak ada yang perlu ditanggapi, tiga orang waktu pertemuan disitu ada juga kadis pendidikan Sinjai (Andi Jefrianto Asapa) juga," bebernya.

Dia meminta untuk mewawancarai langsung Bupati Sinjai agar lebih jelasnya karena dia datang atas undangan Bupati.

"Mohon maaf ya dinda, soal beredar foto saya tidak tau mau ngomong apa karena yang ambil foto juga hadir disitu jadi lebih bagusnya sumber fotonya yang kita tanya," tuturnya.

Aktifis politik, Muh Irwan menilai pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai dengan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) menimbulkan kontra terhadap independensi kedua lembaga itu. 

"Pertemuan kedua lembaga itu dengan Bupati jelang pilkada 2024 mendatang menimbulkan tanda tanya terhadap profesionalisme keduanya. Tak hanya itu, bayang-bayang Bawaslu dan KPU yang tidak independen juga terkuak," kata Irwan dikutip dari InstingJurnalis.

Namun, kembali Rusmin membantah hal yang terkait dengan independensi.

"Lalu indenpendensi mana yang harus dipertanyakan?, kami ini penyelenggara memang setiap saat perlu berkoordinasi dengan Pejabat yang ada di daerah masing-masing." ujarnya.

"Ini agar dapat mensinergikan program Bawaslu dalam hal pendidikan politik sebagai Upaya membangun Demokrasi yang kuat," pungkasnya.

Pardi

TerPopuler