Babinsa 1803-01/Kota Lakukan Sosialisasi Pembentukan Posko PPKM -->

Babinsa 1803-01/Kota Lakukan Sosialisasi Pembentukan Posko PPKM

Jumat, 13 Agustus 2021, 09:11

FAKFAK, Sulselpos.id - Pada masa PPKM level 3, Babinsa Koramil 1803-01/Kota melakukan koordinasi dengan pemerintah Kelurahan Wagon Utara, Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat secara berkala, Jumat (13/08/21).


Dengan dibentuk Posko Penanggulangan Covid-19 tingkat kelurahan. Ada 12 poin dalam indikator posko PPKM Covid-19 yaitu pemberdayaan masyarakat, pembagian tugas, peta desa, pelaksanaan posko, struktur organisasi, instruksi bupati, matrik fungsi, indikator pelaksanaan ppkm level 3 tingkat RT, jadwal patroli, jadwal sosialiasi, bagan pelacakan, tracing zona covid-19, data terpapar dan lain lain.


Dalam koordinasi yang dilakukan Babinsa Koramil Kota bahwa untuk Posko PPKM Level 3 dikandung maksud untuk memudahkan koordinasi, pengawasan dan sekaligus sebagai percepatan penanganan penyebaran Virus Covid 19.


Hingga ditingkat RT/RW bahkan Kampung. Pendataan terhadap orang yang terkonfirmasi Covid dapat di ketahui jumlahnya dalam setiap RT RW atau desa/Kampung sehingga akan mudah untuk melakukan penanganannya.


Dalam kesempatan tersebut Babinsa  menjelaskan bahwa Posko PPKM level 3 dalam rangka penanganan dan pengendalian penyebaran Covid 19, dilakukan koordinasi dengan Kepala Kelurahan untuk membentuk Posko penanganan covid 19 di tingkat Desa/Kelurahan yang melibatkan Kepala Kelurahan sebagai Ketua Posko, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Tenaga Kesehatan, Penyuluh, Pendamping, Linmas, Tim Penggerak PKK, Posyandu, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Karang Taruna, Dasawisma, Relawan guna pengendalian penyebaran covid 19. 


“Para Babinkamtibmas diwilayah Kelurahan Wagon Utara untuk berkoordinasi dengan Babinsa dan kepala desa Masing-masing dalam rangka kegiatan di Posko PPKM,” jelas Fadly.


Lebih lanjut, Babinsa menambahkan dengan adanya Posko Penanganan covid 19, diharapkan penyebaran Covid 19 dapat dikendalikan. Pembuatan Posko diambil dilokasi RT, RW atau desa yang kasus penyebaran Covid-19 tinggi sehingga dengan adanya posko tersebut kondisi masyarakat Kampung aman dari Covid 19.


“Disamping itu keberadaan posko akan mudah berkoordinasi dengan Satgas Covid baik ditingkat desa/Kelurahan maupun ditingkat Kecamatan,” imbuhnya.


Haeril

TerPopuler