Pemerintah Umumkan Perpanjangan Diskon Listrik Hingga September -->

Pemerintah Umumkan Perpanjangan Diskon Listrik Hingga September

Jumat, 02 Juli 2021, 15:54


JAKARTA, Sulselpos.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengumumkan perpanjangan stimulus listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA hingga September mendatang. Stimulus diberikan kepada 32,6 juta pelanggan listrik PT PLN (Persero).



Namun diskon yang diberikan 3 bulan ke depan lebih kecil dari sebelumnya. Bila sebelumnya pelanggan 450 VA digratiskan, kini pelanggan dikenakan biaya 50 persen dari tagihan. Sedangkan sisanya digratiskan sebanyak 50 persen. Sedangkan untuk pelanggan 900 VA, diskon diturunkan dari 50 persen menjadi 25 persen.


"Stimulus program kelistrikan diperpanjang sampai dengan September dengan diskon turun ke 50 persen untuk pelanggan 450 VA dan untuk pelanggan 900 VA turun ke 25 persen," ungkap Ani sapaan akrabnya dalam konferensi pers Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat, Jumat (02/07/21).


Lanjut, Dirinya mengatakan mengalokasikan dana sebesar Rp1,91 triliun untuk bantuan kelistrikan. Ditambah dengan alokasi anggaran untuk semester I atau dari Januari-Juni, pemerintah hingga September mendatang mengeluarkan Rp7,58 triliun untuk stimulus kelistrikan untuk pelanggan RT.


Selain bantuan untuk rumah tangga, pemerintah juga memberi bantuan stimulus rekening minimum dan biaya beban/abonemen untuk 1,1 juta pengusaha di sektor industri, bisnis dan sosial.


Bila sebelumnya abonemen dan rekening minimum dibayar pemerintah alias gratis, kini pengusaha dibebankan 50 persennya.


Untuk perpanjangan dibutuhkan Rp420 miliar dan menghitung alokasi semester I lalu yang senilai Rp1,27 triliun, maka tercatat anggaran hingga September sebesar Rp1,69 triliun.


Haeril

TerPopuler