Peduli Kemanusiaan, UDDPMI Sul-Sel Gelar Donor Darah -->

Peduli Kemanusiaan, UDDPMI Sul-Sel Gelar Donor Darah

Selasa, 06 Juli 2021, 17:05

GOWA, Sulselpos.id - Unit Danor Darah Palang Merah Indonesia (UDDPMI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar aksi sosial Donor Darah di Aula Kantor Camat Pallangga, Kabupaten Gowa, Selasa (06/07/21) Pagi.

Hal itu disampaikan Kepala Camat Pallangga, Taufik M Akib mengatakan bahwa kegiatan sosial ini diikuti oleh unsur Tripika Kecamatan, Para Guru-guru Sekolah, Aparat Desa, Ibu PKK kecamatan pallangga dan masyarakat.

''Alhamdulillah kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh masyarakat dan kalangan ASN lingkup Kecamatan Pallangga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya mengaku sangat mendukung aksi sosial ini dan berharap seluruh lapisan masyarakat yang ada di kecamatan dapat berpartisipasi mendonorkan darahnya. 

“Mendonor darah itu sangat baik untuk kesehatan, jadi mari kita mendonor, karena setetes darah itu sangat berguna bagi orang yang membutuhkannya,” kata Camat yang juga ikut mendonorkan darahnya.

Selain itu untuk mengedukasi masyarakar, Taufik M Akib membeberkan beberapa manfaat yang dapat dirasakan orang jika mendonorkan darahnya.

“Jika kita rutin mendonorkan darah pasti tubuh akan sehat. Jadi ada 8 manfaat yang dapat kita rasakan diantaranya mencegah diri dari penyakit jantung, membakar kalori dalam tubuh, meningkatkan produksi darah,  mengurangi resiko kanker, pikiran menjadi stabil dan yang pasti secara tidak langsung kita juga telah memeriksakan kesehatan," bebernya.

Sementara itu, Korwil Diknas Pendidikan, Hadasiah juga menjelaskan bahwa Donor darah yang digelar ini sesuai dengan instruksi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan untuk memenuhi stok darah di UDDPMI Provinsi yang nantinya diberikan kepada masyarakat  yang lebih membutuhkan.

“Target kita dalam donor ini 100 Kantong Darah tapi sampai saat ini sudah ada 133 kantong yang kita peroleh. Namun kalau kita amati, masyarakat yang mendaftarkan untuk mendonor itu sangat banyak, kemungkinan besar bertambah,” jelasnya.

Kordinator UDDPMI Provinsi Sulsel, dr Suriani memgaku dalam kegiatan ini ada 10 orang stafnya yang ikut dalam kegiatan tersebut. 

"Selain dari masyarakat, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh Jajaran Polsek Pallangga dan Koramil," tutupnya.

Haeril

TerPopuler