Dr Nursyamsiah Jadi Pembicara di Workshop Parenting Education -->

Dr Nursyamsiah Jadi Pembicara di Workshop Parenting Education

Senin, 18 Oktober 2021, 20:43

JENEPONTO, Sulselpos.id - Dr. Nursyamsiah Yunus Teken, Dosen UIN Alauddin Makassar menjadi pemateri di Workshop Parenting Education yang diselenggarakan di Desa Kayuloe Timur, Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, Senin (18/10/21).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Hj Hamsiah Iksan selaku Ketua PKK Kabupaten Jeneponto dan Bunda Paud Kabupaten Jeneponto.

Dalam sambutannya, Hj Hamsiah Iksan yang juga Istri Bupati Jeneponto, sangat mengapresiasi kegiatan Workshop Parenting Education.

Sementara Dr. Nursyamsiah yang diundang sebagai pembicara membawakan materi membangun sinergi antara orang tua, anak dan sekolah.

Dirinya mengatakan, Sinergi antara pendidik dan orang tua sangat penting di masa pandemi saat ini, apalagi bagi
anak usia dini.

"Peran pendidik dan orang tua memiliki tanggung jawab masing-masing dalam
mendampingi anak belajarPendidik dan orang tua sebagai orang terdekat bagi anak menjadi pelindung di masa pandemi," katanya.

Lebih lanjut, dia menjabarkan "Maka dari itu bentuk kegiatan parenting pada Kelompok Bermain selama pandemi Covid-19, yaitu dengan keterlibatan orang tua untuk belajar di rumah, komunikasi, volunteer dan pengambilan keputusan dalam pendidikan anak," terangnya.

Bunda Anci yang sapaan akrabnya juga mengungkapkan, Keterlibatan diperlukan bagi anak selama belajar di rumah agar tujuan dari proses pendidikan dapat tercapai, serta mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Sementara itu, Dr. Ferawati Azis Kabid Kebudayaa Dikbud Jeneponto, mengatakan bahwa Workshop Parenting Education Adalah suatu kegiatan yang memberikan pengetahuan informasi tetkait pola-pola  pengasuhan Anak bagi orang tua ataupun keluarga anak usia dini.

"Dengan kegiatan ini yang kami laksanakan di Desa Kayu loe timur cendetung ke pola pengasuhan berbasis karakter nilai," terangnya.

Selain itu kami berharap dengan kegiatan ini  peserta dapat memahami dan mengerti terkait materi-materi yang disajikan serta dapat diimplementasikan pada anak-anak.

"Sehingga menciptakan anak yang berkarakter tumbuh dan berkembang,  sesuai dengan nilai-nilai lokal dan norma agama yang di anut," harapnya.

Kegiatan ini dihadiri Salma Paris, selaku Ketua HIMPAUDI Jeneponto, Kabid PNF  dan Puad Dikbud  Jeneponto, Puskesmas Bontomtene, Bunda Paud Kecamatan Turatea, Ketua HIMPAUDI Turatea, Ketua PKG Turatea, Bunda Paud Desa Kayu Loe Timur dan Bontomtene.

Laporan : Hasyim 
Editor : Pardi

TerPopuler