DPP AMJI-RI Resmi Kukuhkan Pengurus DPC Kabupaten Sinjai -->

DPP AMJI-RI Resmi Kukuhkan Pengurus DPC Kabupaten Sinjai

Sabtu, 09 Oktober 2021, 18:55

SINJAI, Sulselpos.id - Dewan Pimpinan Pusat  (DPP) Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (AMJI-RI) secara resmi menetapkan dan mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Jumat (08/10/21).

Dimana ditetapkan sebagai Ketua DPC AMJI-RI Sinjai Elang Suganda, Sekretaris Nurzaman dan Bendahara Ilham.

Sebelumnya, acara yang dikemas sederhana diawali dengan dialog interaktif bersama Kejari, Polres Sinjai dan Pengurus.

Ketua Umum AMJI-RI, Arham MS mengaku bangga dan mengapresiasi sosok Kejari dan Kapolres yang diwakili Kasi Humas.

Saat penyerahan SK dan penetapan pengurus, Ketua Umum juga memberikan bendera Pusaka sebagai simbol bahwa AMJI-RI telah berkibar di Bumi Panrita Kitta.

"Ya, kedatangan serta dialog hari ini, sangat terkesan dan bangga kepada beliau-beliau yang hadir, sangat jarang saya temukan sosok yang sederhana, familiar yang mau diajak oleh wartawan," ucapnya.

"Namun yang lebih penting adalah beliau selalu siap kapan saja, bisa ditemui untuk berdialog, khususnya penegakan hukum di Sinjai," sambung Arham.

Tak lupa Arham mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kejari dan Kapolres Sinjai.

"Ya beliau Pak Kejari mampu menjelaskan secara gamblang dan mudah dipahami dalam proses penegakan hukum," jelasnya.

Lanjut Arham, semua organisai pers itu sama, AMJI-RI sendiri yang telah disahkan oleh Kemenkumham lebih fokus kepada peningkatan SDM para anggotanya.

"Yang paling penting dimiliki oleh seorang jurnalis adalah adab (etika) dalam bekerja. Namun etika dan ilmu harus seiring berjalan. Setinggi apapun kompetensi seorang wartawan jika tidak menjalankan kode etik maka akan menimbulkan kegaduhan," tegasnya.

Arham berpesan kepada pengurus Sinjai, kedepankan etika dalam menjalankan tugas. Anggota wajib bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan pancasila.

"Anggota AMJI-RI juga wajib independen baik ketika menjalankan tugasnya sebagai jurnalis. Untuk mencapai independensi tersebut maka anggota harus bisa mandiri secara ekonomi," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sinjai, Ajie Prasetya menyampaikan selamat atas penetapan dan penyerahan SK kepengurusan AMJI-RI Kabupaten Sinjai.

"Semoga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dan dapat bersinergi bersama dengan pemerintah kabupaten sehingga masyarakat dapat mengerti tentang pemberitaan yang sejuk," ucapnya.

Senada dengan itu, Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan melalui Kasi Humas, AKP Fatahuddin juga mengucapkan selamat dan mengedepankan sinergitas antar kepolisian dengan insan pers.

"Kami berharap kepada AMJI-RI dan semua insan pers yang ada di kabupaten Sinjai dapat bersinergi dengan kepolisian dan kami berharap dapat menyampaikan pemberitaan yang sifatnya membangun, mengedukasi masyarakat dan tentunya membawa ketentraman di masyarakat," pintanya.

Sinergitas itu, sambungnya, sangat layak untuk dibangun karena masyarakat membutuhkan informasi untuk diketahui bersama. 

Dan tentunya rekan-rekan medialah sebagai penyambung untuk menyebarluaskan pemberitaan itu sendiri.

"Jadi kami dari kepolisian siap menyajikan berita-berita untuk diberikan kepada awak media yang kemudian disebarluaskan kepada masyarakat secara umum," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Elang Suganda selaku Ketua DPC AMJI-RI Sinjai menyakatakan kedepan akan dilakukan sinergitas dalam hal pemberitaan. 

Serta tak lupa menjunjung tinggi kode etik jurnalis dan kode etik yang ada di dalam AD/ART AMJI-RI.

"Semua pesan dan harapan dari Kapolres dan Kejari, akan kami galakkan terus. Dengan memberikan pemberitaan yang sejuk dengan mengacu kode etik jurnalis," ucapnya.

Laporan : Imran
Editor : Haeril

TerPopuler